beta138 – Hobi Buka Puasa Pakai Makanan Pedas, Waspadai 3 Bahaya Penyakit Mengintai

beta138 – Hobi Buka Puasa Pakai Makanan Pedas, Waspadai 3 Bahaya Penyakit Mengintai

beta138 – Hobi Buka Puasa Pakai Makanan Pedas, Waspadai 3 Bahaya Penyakit Mengintai

Suara.com – Masyarakat Indonesia tentunya melekat dengan cita rasa makanan pedas. Tak terkecuali saat berbuka puasa, yang seharusnya dibuka dengan kurma atau minuman manis dan segar justru langsung melahap makanan pedas.

Selama seharian berpuasa tentu perut menjadi kosong, tak ayal terkadang memicu rasa ingin menyantap makanan tertentu selalu terlintas ketika jam berbuka. Termasuk makanan pedas.

Mengutip dari laman Sehatq, kandungan capsaicin pada makanan pedas bisa memperkaya cita rasa makanan dan meningkatkan nafsu makan.

Ilustrasi makanan pedas  (pixabay)
Ilustrasi makanan pedas (pixabay)

Sehingga tak jarang sebagian orang memilih untuk berbuka dengan makanan pedas untuk mencukupi perut yang sudah kosong karena dibawa berpuasa.

Baca Juga:
Punya Maag dan Asam Lambung? Tenang Saja, Pakai Resep dr Zaidul Akbar, Anda Bisa Berpuasa Ramadhan dengan Lancar

Kendati begitu, ahli nutrisi dari Dubai Health Authority justru tidak menyarankan untuk berbuka mau pun sahur dengan makanan pedas. Sebab kondisi saluran pencernaan saat berpuasa menjadi lebih sensitif dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang berdampak pada kualitas saat puasa.

Sejumlah risiko pun dapat mengintai bagi siapa saja yang memilih berbuka puasa dengan makanan pedas, melansir dari beberapa sumber pada Senin (20/3/2023), berikut 3 diantaranya.

1. GERD

Menurut Halodoc, gerd atau refluks asam lambung merupakan kondisi terdapat sensasi rasa terbakar pada dada karena asam lambung yang naik ke kerongkongan. Gerd juga ditandai dengan sering bersendawa, mual dan muntah, maag sampai sesak nafas.

Pemicunya karena perut dalam kondisi kosong sudah diisi dengan makanan pedas. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa berakhir pada kesulitan menelan.

Baca Juga:
Kumpulan Ucapan Selamat Ramadhan 1444 Hijriah yang Bisa Dikirim Via Whatsapp

2. Gastritis Akut

Sementara itu mengutip dari Sehatq, gastritis adalah kondisi dimana dinding lambung mengalami peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Kendati begitu, penyakit ini bisa dipicu oleh beberapa faktor termasuk sering mengonsumsi makanan pedas saat perut kosong.

Apabila dibiarkan makan dinding lambung bisa menjadi tipis, lambat laun bisa berujung pada tukak lambung.

3. Perdarahan

Sebagaimana yang dikutip dari laman Good Doctor, mengonsumsi makanan pedas selagi perut masih kosong atau saat berbuka puasa juga tidak disarankan terlebih pada seseorang yang menderita ambein.

Pasalnya sensasi pedas tersebut akan terasa sampai ke dubur. Jika dibiarkan maka tak menutup kemungkinan bisa menyebabkan perdarahan.

Dengan demikian alangkah lebih baik untuk memberikan jeda ketika akan menyantap makanan pedas saat berbuka puasa. Salah satu caranya yakni dengan mengikuti sunnah Rasulullah Saw dengan menyantap kurma terlebih dulu.

Shilvia Restu Dwicahyani



beta138 – Hobi Buka Puasa Pakai Makanan Pedas, Waspadai 3 Bahaya Penyakit Mengintai

beta138 adalah agen BO SLOT ONLINE terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di beta138.

Selamat datang di beta138 dapatkan penawaran spesial dari kami :

beta138 Menyediakan Bonus di bawah ini :

👉bonus New member 20%
👉Bonus Harian 10%
👉Bonus Event FreeSpin
👉Bonus Event Koi Gate
👉Bonus rollingan & cashback

Support by : beta138
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *