indo268 – Pemerintah Harus Jelas Mau Bawa Penetrasi Internet ke Mana : Okezone techno

indo268 – Pemerintah Harus Jelas Mau Bawa Penetrasi Internet ke Mana : Okezone techno

indo268 – Pemerintah Harus Jelas Mau Bawa Penetrasi Internet ke Mana : Okezone techno

PERTUMBUHAN internet di Indonesia memang semakin tinggi, apalagi setelah pandemi Covid-19. Aktivitas masyarakat secara online pun membuat peningkatan drastis para pengguna internet.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkap bahwa dari sekitar 270 juta jiwa penduduk Indonesia, penetrasi Internet di sepanjang tahun 2022-2023 baru mencapai angka 78,19%. Meski terlihat tinggi, tapi angka ini masih jauh dari target 90%.

Ketua Umum APJII, Muhammad Arif mengatakan bahwa butuh satu roadmap yang jelas dari Pemerintah untuk bisa mendongkrak naik penetrasi internet di Tanah Air secara signifikan. Menurutnya pemerintah perlu roadmap yang lebih menyeluruh.

“Kalau sekarang kan dilepas. ISP (penyedia jasa internet) banyak tumbuh tapi saya tidak bisa drive harus tumbuh dimana. Kan terserah mereka. Yang kita butuhin kalau mau naiknya sampai signifikan ya harus ada roadmap yang jelas,” kata Arif.

“Pemerintah harus tahu mau kemana untuk meningkatkan penetrasi. Kalau dilepas ke mekanisme swasta, ya berarti mereka kan sebagai pengusaha pasti hanya mencari bisnis yang ada marketnya. Itu sudah normatif kalau kita lepas ke swasta,” lanjutnya.

Arief menambahkan bahwa swasta tidak akan mau secara tiba-tiba menggelar internet ke pegunungan atau daerah terluar seperti di wilayah Papua. Ia menyebut swasta cenderung memilih wilayah seperti di Jawa yang marketnya sudah banyak.


Follow Berita Okezone di Google News

Disampaikan bahwa untuk bisa memboost penetrasi internet, pemerintah harus tegas melakukan pengarahan untuk menambal wilayah mana saja yang tidak tercover internet. Jika tidak demikian, maka pertumbuhan akan berangsur lambat.

Tidak berhenti di situ, Arief juga mengungkap bahwa perlu adanya pemberian insentif untuk mendorong ISP agar mereka mau menggelar internet ke daerah terluar.

“Kalau mau terbang sekalian, pemerintah haru drive. Yang bolong mana nih, yang bolong harus didrive biar cover. Kalau tidak dilakukan saya rasa ya kaya tadi. Meningkat sih tapi organik aja, pelan pelan naiknya,” ujar Arief.

“Insentif perlu. Harapnya kalau ada pemain ISP yang memang mau gelar ke daerah yang non comersial base, mereka punya dorongan. Kalau enggak ada insentif ya mereka akan cenderung ke tempat yang sudah settle,” pungkasnya.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

indo268 – Pemerintah Harus Jelas Mau Bawa Penetrasi Internet ke Mana : Okezone techno

indo268 adalah agen BO SLOT ONLINE terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di indo268.

Selamat datang di indo268 dapatkan penawaran spesial dari kami :

indo268 Menyediakan Bonus di bawah ini :

👉bonus New member 20%
👉Bonus Harian 10%
👉Bonus Event FreeSpin
👉Bonus Event Koi Gate
👉Bonus rollingan & cashback

Support by : indo268
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *