jandaslot – Satelit di Orbit Bumi Bikin Langit Malam Makin Cerah, Begini Dampaknya Bagi Bumi : Okezone techno

jandaslot – Satelit di Orbit Bumi Bikin Langit Malam Makin Cerah, Begini Dampaknya Bagi Bumi : Okezone techno

jandaslot – Satelit di Orbit Bumi Bikin Langit Malam Makin Cerah, Begini Dampaknya Bagi Bumi : Okezone techno

Para astronom memperingatkan bahwa polusi cahaya yang timbul karena melonjaknya jumlah satelit di orbit Bumi bisa menimbulkan ancaman global yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap alam.

Diketahui bahwa jumlah satelit di orbit rendah Bumi meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2019. Hal ini semakin parah dengan peluncuran ribuan satelit perusahaan SpaceX. Armada konstelasi internet baru juga direncanakan akan segera diluncurkan ke area 2.000 kilometer di atas Bumi.

Hal ini cukup mengkhawatirkan, karena orbit Bumi dipastikan semakin padat dengan ribuan satelit di sana. Setiap satelit baru meningkatkan risiko menabrak objek lain yang mengorbit Bumi yang berpotensi menciptakan lebih banyak puing.

Ketika tabrakan beruntun terjadi, hal ini akan menciptakan fragmen puing yang semakin kecil. Imbasnya, lautan sampah luar angkasa semakin banyak yang memantulkan cahaya kembali ke Bumi.

Pemodelan Observatorium Vera Rubin, sebuah teleskop raksasa yang saat ini sedang dibangun di Chili, menunjukkan bahwa bagian paling gelap dari langit malam akan menjadi 7,5% lebih terang selama beberapa dekade berikutnya.

Rekan penulis studi, John Barentine mengatakan semakin terangnya langit malam akan mengurangi jumlah bintang yang dapat dilihat oleh observatorium sekitar 7,5%. Lebih jauh lagi, manusia bisa saja tidak bisa lagi mengamati peristiwa langit malam di masa depan.

Selain itu, bagi para astronom ini akan mempengaruhi pekerjaan sebuah observatorium besar secara finansial dan ilmiah.

Periode penelitiannya akan menambah hampir satu tahun untuk survei observatorium, menelan biaya sekitar USD21,8 juta, seperti yang diungkapkan oleh Barentine dari Dark Sky Consulting, dikutip dari Science Alert.

Sementara itu, Aparna Venkatesan, seorang astronom di Universitas San Francisco mengatakan terangnya langit malam tidak hanya berpengaruh kepada para astronom profesional, tapi juga memengaruhi bagaimana hubungan manusia dengan sains, cerita asal-usul, seni, dan budaya.

Demi mencegah hal ini terjadi, sekelompok astronom dari Spanyol, Portugal, dan Italia menyerukan para ilmuwan untuk menghentikan peluncuran sateliy tersebut. Jika tidak dihentikan, berpotensi akan memperburuk polusi cahaya.

(DRA) 


Follow Berita Okezone di Google News

(dra)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

jandaslot – Satelit di Orbit Bumi Bikin Langit Malam Makin Cerah, Begini Dampaknya Bagi Bumi : Okezone techno

jandaslot adalah agen BO SLOT ONLINE terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di jandaslot.

Selamat datang di jandaslot dapatkan penawaran spesial dari kami :

jandaslot Menyediakan Bonus di bawah ini :

👉bonus New member 20%
👉Bonus Harian 10%
👉Bonus Event FreeSpin
👉Bonus Event Koi Gate
👉Bonus rollingan & cashback

Support by : jandaslot
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *