juraganjp – Tips Hadapi Lansia Sering Tantrum Seperti Anak Kecil, Mesti Tahu Nih

juraganjp – Tips Hadapi Lansia Sering Tantrum Seperti Anak Kecil, Mesti Tahu Nih

juraganjp – Tips Hadapi Lansia Sering Tantrum Seperti Anak Kecil, Mesti Tahu Nih

Suara.com – Orang tua yang sudah lanjut usia atau lansia kerap kali mengalami perubahan emosi yang drastis. Kondisi itu bisa menyebabkan sikap mereka jadk sulit dipahami oleh anggota keluarga yang lebih muda. 

Psikolog Tara de Thouars menjelaskan bahwa memasuki usia lanjut, manusia memang bisa alami perubahan sikap secara ekstrim dari satu sisi ke sisi lainnya. 

“Bisa menolak tua jadi akan merasa, ‘saya tetap kuat, gak mau minum obat karena kalau minum obat menandakan tua, lemah’. Atau titik ekstrim lainnya yang menjadi putus asa, depresi, merasa tidak berguna. Dua titik ekstrim itu gak ideal,” kata Tara saat konferensi pers bersama Anlen di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Ilustrasi Lansia Wirausaha (Pixabay.com/nanik)
Ilustrasi Lansia Wirausaha (Pixabay.com/nanik)

Selain itu, lansia juga kerap bertingkah seperti anak-anak yang mudah tantrum. Bila sudah begitu, Tara menyarankan untuk mengenali terlebih dahulu emosi yang paling dominan dirasakan oleh lansia. 

Baca Juga:
Empat Olahraga yang Bisa Dilakukan Oleh Lansia, Urutan Satu Paling Sering!

Sebab, emosi yang dirasakan oleh mereka sebenarnya dampak dari stres akibat berbagai perubahan fisik dan lainnya yang terjadi secara normal akibat penuaan. Sehingga tidak semua lansia bisa menerima perubahan kondisi tersebut.

“Yang perlu kita perhatikan adalah emosi apa yg paling dominan, apakah cemas, marah, atau sedih. Karena mengatasi ketiga emosi itu caranya berbeda,” ujarnya.

“Kalau lagi banyak cemas, misalnya ‘aduh harus nabung banyak nih, nanti kalau aku sakit gimana’. Ketika menghadapi orang yang sedang cemas yang dibutuhkan adalah rasa aman,” jelas Tara.

Rasa aman yang diberikan, lanjut Tara, bisa dengan menenangkan orang tua dan memberinya penjelasan kalau kecemasan yang mereka pikirkan belum tentu terjadi. 

Sementara itu, apabila dominan rasa sedih, umumnya orang tua akan merasa putus asa, depresi, hingga tidak berguna. 

Baca Juga:
Anak Anda Sering Tantrum? Waspada Gejala 4 Penyakit Serius Berikut Ini!

“Kalau seperti itu kita perlu angkat orang tua kita. ‘Mama itu masih hebat, lho. Mama masih jago masak, aku aja gak bisa masak’,” contoh Tara.

Apabila orang tua lebih dominan marah, menurut Tara, biasanya disebabkan karena belum bisa menerima kondisinya yang sudah mencapai lansia. 

“Kalau seperti itu yang bisa dilakukan adalah bantu orang tua untuk accept. ‘Gak apa-apa tua juga, gak apa-apa kok, mah. Aku kan tetap sayang mama’. Jadi bagaimana kita perlakukan orang bisa dilihat dari emosinya,” pungkasnya.
 



juraganjp – Tips Hadapi Lansia Sering Tantrum Seperti Anak Kecil, Mesti Tahu Nih #juraganjp

juraganjp adalah agen BO SLOT ONLINE terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di juraganjp.

Selamat datang di juraganjp dapatkan penawaran spesial dari kami :

juraganjp Menyediakan Bonus di bawah ini :

👉bonus New member 20%
👉Bonus Harian 10%
👉Bonus Event FreeSpin
👉Bonus Event Koi Gate
👉Bonus rollingan & cashback

Support by : juraganjp
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *