Panen77 – Ini Alasan Mengapa Beruang Berhibernasi saat Musim Dingin : Okezone techno

Panen77 – Ini Alasan Mengapa Beruang Berhibernasi saat Musim Dingin : Okezone techno

Panen77 – Ini Alasan Mengapa Beruang Berhibernasi saat Musim Dingin : Okezone techno #Panen77

Saat masuk musim dingin, beberapa spesies hewan melakukan hibernasi. Salah satu hewan yang melakukan hal tersebut adalah beruang. Mereka meninggalkan lingkungannya untuk tertidur hingga musim semi tiba.

Beruang yang hibernasi mampu untuk tidak makan dalam waktu berbulan-bulan. Lalu apa yang menyebabkan beruang berhibernasi?

Sebelum membahas lebih jauh, perlu dipahami bahwa hibernasi merupakan suatu cara adaptasi hewan pada saat musim dingin. Beruang dan hewan lain melakukan hibernasi untuk bertahan hidup ketika tidak adanya sumber makanan.

Sebagaimana dilansir dari Science ABC, keadaan ini juga menjadi salah satu cara mereka untuk menghemat energi di saat tidak adanya kegiatan pergi berburu pada musim dingin.

Pada momen ini, banyak tumbuhan yang tak dapat tumbuh dengan baik, dan hewan lain pun sulit diburu. Maka dari itu, untuk menghemat kalori, berhibernasi merupakan cara yang paling tepat.

Hewan yang berhibernasi bisa dilihat dari penurunan suhu tubuhnya. Jika dalam keadaan benar-benar hibernasi, suhu tubuh hewan berada pada 5 derajat Celcius.

Beruang sebenarnya tidak berhibernasi sepenuhnya. Ia hanya mengalami apa yang disebut kelambanan atau hibernasi ringan dengan penurunan suhu tubuh menjadi 10 derajat Celcius dibandingkan suhu normalnya yaitu 37 sampai 38 derajat Celcius.

Hibernasi lamban dilakukan agar beruang tetap siaga untuk bereaksi terhadap bahaya atau ancaman. Beruang juga sesekali bangun untuk memperbaiki posisi tidurnya. Hal ini berbeda dengan hibernasi sebenarnya yang seperti mati suri.

Ini Alasan Mengapa Beruang Berhibernasi saat Musim Dingin

Alasan lainnya, beruang betina yang melahirkan pada saat musim dingin sesekali harus tetap terjaga untuk mengurus bayi mereka yang baru lahir.

Saat beruang hibernasi, laju metabolismenya melambat hingga 60%. Laju pernapasan lainnya juga turun menjadi 1 napas setiap 45 detik. Tak hanya itu, berat badan beruang juga turun 20% selama hibernasi.

Karena beruang tidak makan, maka mereka memecah lemak dan protein. Beberapa jaringan otot dipecah untuk menggunakan protein dalam metabolisme tubuhnya.

Meski jaringan dipecahkan, mereka tidak kehilangan massa otot karena mereka dapat membentuknya kembali.

Tidak semua beruang berhibernasi. Beruang kutub misalnya, mereka tidak berhibernasi karena sudah terbiasa dengan lingkungan yang dingin. Hibernasi bisa ditemukan pada beruang grizzly atau beruang coklat dan beruang hitam.

(DRA)

Baca Juga: SymWhite 377 Hadir dalam Rangkaian Produk YOU Radiance Up!


Follow Berita Okezone di Google News

(dra)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.


Panen77 – Ini Alasan Mengapa Beruang Berhibernasi saat Musim Dingin : Okezone techno

Panen77 adalah agen BO SLOT ONLINE terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di Panen77.

Selamat datang di Panen77 dapatkan penawaran spesial dari kami :

Panen77 Menyediakan Bonus di bawah ini :

👉bonus New member 20%
👉Bonus Harian 10%
👉Bonus Event FreeSpin
👉Bonus Event Koi Gate
👉Bonus rollingan & cashback

Support by : Panen77
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *