putrajp – Tips Aman Olahraga Saat Puasa, Perhatikan 5 Hal Ini Ya

putrajp – Tips Aman Olahraga Saat Puasa, Perhatikan 5 Hal Ini Ya

putrajp – Tips Aman Olahraga Saat Puasa, Perhatikan 5 Hal Ini Ya

Suara.com – Agar ibadah puasa berjalan lancar dan penuh khidmat, tentu diperlukan kesehatan yang mumpuni. Salah satu caranya yakni dengan berolahraga. Bagaimana tips aman olahraga saat puasa?

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat muslim, sebab pada bulan ini seluruh umat muslim akan menjalankan ibadah puasa kurang lebih selama satu bulan.

Umat muslim hanya diperkenankan untuk makan dan minum pada dua waktu, yaitu sahur saat subuh dan berbuka pada waktu magrib.

Setidaknya untuk waktu di Indonesia, umat muslim akan menjalankan puasa selama 13 jam dan tubuh tidak mendapatkan suplai makanan maupun minuman.

Baca Juga:
6 Lafal Niat Puasa Ramadhan Lengkap dengan Artinya, Nomor 5 Dijamin Paling Mudah!

Ilustrasi olahraga saat puasa. (Pexels/William Choquette)
Ilustrasi olahraga saat puasa. (Pexels/William Choquette)

Lalu bagaimana untuk bisa berolahraga yang aman saat puasa? Mengingat, dibutuhkan tubuh yang fit agar bisa berolahraga yang baik. Seperti dilansir dari Hello Sehat pada Jumat, (17/3/2023), berikut tips aman berolahraga saat puasa.

1. Waktu Olahraga

Berolahraga saat puasa tidak disarankan pada waktu siang hari. Pasalnya, tidak dianjurkan berolahraga dalam keadaan perut kosong.

Waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa bisa dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka puasa. Karena setelah berbuka, tubuh akan mendapatkan asupan energi kembali.

2. Jenis Olahraga

Baca Juga:
Punya Darah Tinggi? Ini Dia Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Tersebut, Salah Satunya dengan Puasa

Sebaiknya lakukan olahraga yang ringan sampai sedang seperti jogging, bersepeda dan berjalan kaki. Lebih baik hindari intensitas olahraga yang tinggi seperti yang biasa dilakukan sebelum puasa. Sebab dikhawatirkan tubuh tak mampu melakukannya dan memicu masalah kesehatan.

3. Asupan Makanan

Waktu makan di bulan Ramadhan tentunya berbeda dengan bulan-bulan lainnya, yaitu hanya saat sahur dan berbuka. Tak cuma itu, porsi makan pun bisa ikut berubah.

Kendati begitu tetap perhatikan asupan makanan memenuhi gizi seimbang, tidak lebih ataupun kekurangan.

4. Cukupkan Asupan Minum

Pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan harian Anda agar terhindar dari dehidrasi. Asupan cairan yang disarankan dalam satu hari sekitar 1,5-2 liter.

Saat berpuasa sebisa mungkin juga untuk menghindari beraktivitas di luar ruangan saat siang hari untuk mencegah dehidrasi.

5. Pastikan Cukup Tidur dan Berkualitas

Hal terakhir yang harus diperhatikan untuk berolahraga saat puasa adalah tidur yang cukup dan berkualitas untuk menjaga kinerja tubuh.

Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam per hari. Agar tubuh tetap sehat saat puasa, tidur siang mungkin diperlukan. Itulah tips aman olahraga saat puasa yang bisa Anda coba di rumah. (Shilvia Restu Dwicahyani)



putrajp – Tips Aman Olahraga Saat Puasa, Perhatikan 5 Hal Ini Ya #putrajp

putrajp adalah agen BO SLOT ONLINE terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa bermain semua game, buruan daftar di putrajp.

Selamat datang di putrajp dapatkan penawaran spesial dari kami :

putrajp Menyediakan Bonus di bawah ini :

👉bonus New member 20%
👉Bonus Harian 10%
👉Bonus Event FreeSpin
👉Bonus Event Koi Gate
👉Bonus rollingan & cashback

Support by : putrajp
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *